Laman

Jumat, 05 Desember 2014

POLIMER

1.      TUJUAN
a.       Siswa mampu membedakan polimer termoseting dan termoplas
b.      Siswa mampu melakukan uji iod untuk mengidentifikasi amilum
c.       Siswa mampu melakukan uji lemak melalui sifat transparan pada kertas
d.      Siswa mampu menguji kelarutan karbohidrat, protein dan lemak dalam pelarut air dan organik

2.      DASAR TEORI
Polimer dibedakan menjadi dua berdasarkan sifat tahan terhadap pemanasan. Polimer termoseting adalah polimer yang tidak mudah melunak jika dipanaskan. Sedangkan polimer termoplas mudah melunak/meleleh jika dipanaskan.
Karbohidrat merupakan senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat merupakan polimer yang tersusun atas polihidroksil-aldehid atau polihidroksil-keton. Karbohidrat tersusun atas sakarida. Karbohidrat larut dalam air. Salah satu jenis karbohidrat yaitu amilum/pati jika bereaksi dengan larutan iod maka akan menghasilkan warna biru.
Lemak/ lipid merupakan suatu ester. Lemak tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik nonpolar seperti kloroforn atau benzena. Lemak memiliki sifat transparan jika bagian lemak dioleskan pada kertas.
Protein merupakan makromolekul yang tersusun atas asam amino. Protein bersifat amfoter karena tersusun atas gugus karboksil yang bersifat asam dan gugus amin yang bersifat basa. Protein dapat larut dalam air.

3.       ALAT DAN BAHAN

·         Plastik
·         Bakelit
·         Kain sintesis
·         Kanji/pati
·         Tepung terigu
·         Air suling/aquades
·         Tempe
·         Susu
·         Minyak kelapa
·         Margarin
·         Kertas HVS putih
·         Laruatan iod
·         Pipet tetes
·         Korek api
·         Bunsen
·         Cawan petri/kaca arloji




4.      CARA KERJA
a.       UJI POLIMER TERMOSETING DAN TERMOPLAS
·         Ambil sampel plastik, panaskan dengan bunsen
·         Amati perubahan yang terjadi
·         Lakukan langkah yang sama untuk sampel bakelit dan kain sintesis
b.      UJI AMILUM
·         Ambil sampel kanji beberapa tetes
·         Tambahkan larutan iod beberapa tetes
·         Amati perubahan yang terjadi
·         Lakukan langkah yang sama untuk sampel tepung terigu, tempe, susu, minyak kelapa dan margarin
c.       UJI LEMAK
·         Ambil sampel minyak kelapa, teteskan pada kertas HVS putih
·         Amati perubahan yang terjadi
·         Lakukan langkah sama untuk sampel kanji, tepung terigu, tempe, susu, dan margarin
d.      UJI KELARUTAN
·         Ambil sampel minyak, masukkan beberapa tetes ke dalam air
·         Amati perubahan yang terjadi
·         Lakukan langkah sama untuk sampel kanji, tepung terigu, tempe, susu, dan margarin

5.      HASIL PENGAMATAN
a.       UJI POLIMER TERMOSETING DAN TERMOPLAS
Sampel
Hasil Pengamatan
Plastik

Bakelit

Kain buatan


b.      UJI AMILUM
Sampel
Hasil Pengamatan
Tepung terigu

Kanji

Tempe

Susu

Minyak kelapa

Margarin


c.       UJI LEMAK
Sampel
Hasil Pengamatan
Tepung terigu

Kanji

Tempe

Susu

Minyak kelapa

Margarin

d.      UJI KELARUTAN
Sampel
Hasil Pengamatan
Tepung terigu

Kanji

Tempe

Susu

Minyak kelapa

Margarin


6.      KESIMPULAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar